Program kesehatan yang dilaksanakan ditingkat puskesmas diselenggarakan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan masyarakat. Implementasi kegiatan di puskesmas tidak terlepas dari manajemen puskesmas yang baik, yang dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan – pergerakan, pengawasan, pengendalian dan penilaian.
Puskesmas Lakawali
merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kab. Luwu Timur yang bertanggung
jawab terhadap pelayanan kesehatan diwilayah kerjanya. Puskesmas lakawali
mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan
pembangunan kesehatan diwilayah kerja Kecamatan Malili dalam rangka mendukung
terwujudnya Kecamatan Sehat. Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut Puskesmas
Lakawali menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan
Perorangan (UKP) Tingkat pertama di empat desa dalam wilayah Kecamatan Malili.
Agar upaya kesehatan
terselenggara secara optimal, maka puskesmas harus melaksanakan manajemen yang
baik, manajemen puskesmas merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara
efektif dan efisien, terdiri dari perencanaan, pergerakan dan pelaksanaan,
serta pengawasan, pengendalian dan penilaian kinerja. Seluruh kegiatan diatas
merupakan satu kesatuan yang saling terkait dan berkesinambungan.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan data dan
informasi tentang Puskesmas Lakawali diperlukan
pendekatan manajemen yang optimal sebagai sarana monitoring evaluasi program
kesehatan diwilayah kerja puskesmas, oleh sebab itu profil Puskesmas Lakawali
Tahun 2021 disusun, yang berisi data dan informasi tentang gambaran derajat
kesehatan, sumber daya kesehatan dan upaya kesehatan yang dilakukan puskesmas
sebagai konstribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan diwilayah kerjanya.
Visi, Misi
dan motto
Visi Kabupaten
Luwu Timur adalah :
“LUWU TIMUR YANG BERKELANJUTAN DAN LEBIH MAJU BERLANDASKAN NILAI AGAMA DAN
BUDAYA”
Misi
Dalam mewujudkan Visi tersebut diatas Kabupaten Luwu TImur mempunyai misi
yaitu :
1. Meningkatnya kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat secara menyeluruh
2. Berkembangnya Ekonomi Daerah yang berdaya saing dan berjaringan luas
3. Tersedianya infrastruktur daerah yang memadai dan lingkungan yang
berkualitas
4. Terciptanya kepemerintahan dan Pelayanan Publik yang lebih baik.
5. Mewujudkan ketentraman dan ketertiban bagi seluruh warga masyarakat.
6.
Terjaminnya keberlangsungan pembangunan
yang berbasis pada agama dan budaya
Motto
“
KESEHATAN
ANDA TUJUAN KAMI KESEMBUHAN ANDA SEMANGAT KAMI “
1.2. Tujuan penyusunan profil , Tata
Nilai dan Budaya kerja Puskesmas Lakawali
Tujuan Umum :
Tersedianya data atau
informasi yang akurat, tepat waktu dan sesuai kebutuhan dalam rangka
meningkatkan kemampuan manajemen kesehatan secara berhasil guna dan
berdayaguna.
Tujuan Khusus :
a) Tersedianya
acuan dan bahan rujukan dalam rangka pengumpulan data, pengolahan, analisis
serta pengemasan informasi;
b) Tersedianya
wadah integrasi berbagai data yang telah dikumpulkan oleh berbagai sistim
pencatatan dan pelaporan di unit-unit kesehatan;
c) Memberikan
analisis-analisis yang mendukung penyediaan informasi dalam menyusun alokasi
dana/anggaran program kesehatan;
d)
Tersedianya bahan untuk
penyusunan profil kesehatan tingkat propinsi dan nasional.
Tata
Nilai : PUSKESMAS LAKAWALI “S E H A T”
S = Santun
Pelayanan
yang dilaksanakan didasarkan pada sikap yang empati, ramah, menghargai dan
memberikan senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun (5S) terhadap semua pengunjung dan masyarakat.
E = Edukatif
Pelayanan
kesehatan yang diberikan selalu diikuti Edukasi
dengan menerapkan sistem “3M” ( Mulai dari hal yang kecil, Mulai dari diri sendiri
dan Mulai dari sekarang).
H = Harmonis
Harmonis
antar sesama staf dalam memberikan pelayanan wajib diperhatikan oleh seluruh
staf Puskesmas lakawali. Harmonis dengan lintas sektor dan kader
kesehatan dalam upaya mendorong
kemandirian masyarakat untuk hidup sehat
A = Akuntabel
Akuntabel
dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, setiap petugas melaksanakan tugas
dan tanggung jawabnya sesuai dengan standard dan prosedur yang telah
ditetapkan.
T = Tanggap
Senantiasa
tanggap terhadap keluhan, saran, dan umpan balik sasaran/ masyarakat dalam rangka
upaya perbaikan pelayanan, serta tanggap terhadap adanya perubahan
regulasi dan timbulnya masalah kesehatan
yang
mungkin ada di wilayah kerja
Puskesmas Lakawali.
Budaya
Kerja
a.
Bekerja dengan
sepenuh hati
b.
Bekerja secara professional
c.
Bekerja sesuai standard dan prosedur
d.
Bekerja
tepat waktu
e.
Bekerja sama dalam
tim terpadu
f.
Bekerja secara terpadu dan terintegrasi
g.
Bekerja dalam inovasi
h.
Bekerja dengan saling menghargai dan menghormati.